Apa Yang Membuat Aku Tidak Didengarkan ? - jujujojo.com

Breaking

cari disini

Friday, September 15, 2023

Apa Yang Membuat Aku Tidak Didengarkan ?

 

"Nggak didengarkan bukan karena aku nggak bisa bersuara, tapi karena dunia terlalu bising untuk mendengarkanka atau sudah berapa lama telingaku disumbat"


"Tidak didengarkan bukan karena tidak bisa bersuara, tapi karena dunia terlalu bising untuk mendengarkanka atau bisa jadi sudah berapa lama telingaku disumbat

         

 

Orang mungkin tidak didengarkan karena berbagai alasan yang melibatkan faktor komunikasi, sosial, atau psikologis. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa seseorang mungkin tidak didengarkan:


Ketidakpedulian

Seseorang mungkin tidak peduli dengan topik yang dibahas atau tidak tertarik pada apa yang dikatakan oleh orang lain.


Ketidaksesuaian Waktu

Orang mungkin sedang terlalu sibuk atau terlalu terganggu untuk mendengarkan dengan baik pada saat tertentu.


Gangguan 

Gangguan eksternal seperti suara bising atau gangguan visual dapat menghambat kemampuan seseorang untuk mendengarkan dengan baik.


Kurangnya Keterampilan Mendengarkan

Mendengarkan aktif dan efektif adalah keterampilan yang perlu dipelajari dan dikembangkan. Banyak orang mungkin tidak memiliki keterampilan ini.


Perbedaan Bahasa
Jika ada perbedaan bahasa atau dialek, dapat membuat komunikasi menjadi sulit atau tidak efektif.


Ketidaksetujuan

Orang mungkin tidak mendengarkan dengan baik jika mereka memiliki pendapat atau pandangan yang berlawanan dengan apa yang dikatakan oleh orang lain dan sudah memutuskan sebelumnya bahwa mereka tidak akan setuju.


Kebiasaan Berbicara Terlalu Banyak

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan berbicara terlalu banyak atau terlalu dominan dalam percakapan, sehingga menghalangi orang lain untuk berbicara atau merasa didengarkan.


Perasaan Inferioritas

Seseorang yang merasa kurang percaya diri atau inferior mungkin tidak yakin bahwa apa yang mereka katakan memiliki nilai atau penting bagi orang lain.


Gangguan Komunikasi Non-verbal

Ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan tone suara dapat memainkan peran penting dalam mendengarkan. Orang mungkin merasa tidak didengakan jika pesan non-verbal yang mereka sampaikan tidak sesuai dengan apa yang mereka katakan.


Gangguan Emosional

Seseorang yang sedang dalam kondisi emosional yang buruk atau stres mungkin tidak dapat mendengarkan dengan baik karena pikiran mereka teralihkan.


Kebijakan atau Norma Budaya

Beberapa budaya atau kelompok sosial mungkin memiliki norma-norma tertentu yang memengaruhi sejauh mana orang didengarkan. Misalnya, dalam beberapa budaya, mendengarkan dengan hormat mungkin dianggap lebih penting daripada yang lain.


Kesalahpahaman atau Penyimpangan Informasi

Terkadang, kesalahpahaman atau interpretasi yang salah terhadap apa yang dikatakan oleh orang lain dapat membuat mereka merasa tidak didengarkan.





Lalu bgagaiman caranya agar kita bisa didengarkan ?


Agar kamu bisa didengarkan dengan lebih baik oleh orang lain, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan komunikasimu seperti yang dijelaskan dibawah ini

Berbicara dengan Jelas dan Tenang

Cobalah untuk berbicara dengan jelas, menggunakan volume suara yang tepat, dan menghindari berbicara terlalu cepat. Ini akan memudahkan orang lain untuk mendengarkanmu.

Menggunakan Bahasa Tubuh yang Tepat

Ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan kontak mata yang tepat dapat membantu menyampaikan pesan Anda dengan lebih baik. Cobalah untuk memancarkan kepercayaan diri dan ketertarikan pada apa yang Anda katakan.

Pertimbangkan Audiens

Ketahui siapa yang kamu bicarakan dan sesuaikan pesanmu dengan audiens tersebut. Apakah mereka memiliki pengetahuan tentang topik ini? Apakah ada kata-kata atau istilah teknis yang perlu dijelaskan?

Gunakan Cerita atau Contoh

Menggunakan cerita atau contoh konkret dapat membantu memperjelas idemu dan membuat pesan Anda lebih mudah dipahami.

Mendengarkan dengan Baik

Salah satu cara terbaik untuk menjadi pendengar yang baik adalah dengan menjadi contoh yang baik. Ketika kamu mendengarkan dengan baik saat orang lain berbicara, mereka kemungkinan akan memberikan perlakuan yang sama kepadamu.

Hindari Gangguan

Cobalah untuk menghindari gangguan saat kamu berbicara atau saat orang lain berbicara kepadamu. Matikan ponsel atau alat lain yang dapat mengganggu konsentrasi.

Menggunakan Pertanyaan Terbuka

Pertanyaan terbuka (yang tidak dapat dijawab dengan "ya" atau "tidak" saja) dapat membuka dialog dan memungkinkan orang lain untuk berbicara lebih banyak.

Berbicara pada Waktu yang Tepat

Pastikan Anda berbicara pada waktu yang tepat dan sesuai dengan situasi. Terkadang, mencoba memulai percakapan saat orang lain sibuk atau terburu-buru mungkin tidak efektif.

Jangan Bersaing untuk Berbicara

Hindari kecenderungan untuk bersaing dengan pembicara lain dalam sebuah percakapan. Biarkan mereka menyelesaikan pemikiran mereka sebelum Anda merespons.

Jaga Emosimu

Cobalah untuk menjaga emosi kamu agar tidak menghalangi komunikasi yang baik. Jika kamu merasa marah atau frustrasi, berusahalah untuk tetap tenang dan berbicara dengan hormat.

Berlatih Komunikasi Empati

Cobalah untuk memahami pandangan dan perasaan orang lain. Ini dapat membuat mereka merasa didengarkan dan dihargai.

Jadi Pribadi yang Terbuka

Terkadang, orang mungkin merasa tidak didengakan karena mereka tidak merasa nyaman berbicara denganmu. Jadi, buka dirimu untuk mendengarkan dan menerima pandangan serta masukan orang lain.

berkomunikasi adalah keterampilan yang dapat ditingkatkan seiring waktu. Dengan kesabaran dan latihan, kamu dapat menjadi seorang komunikator yang lebih efektif dan dapat mendengarkan dengan baik serta membuat orang lain merasa didengakan.






No comments:

Post a Comment