Untukmu Yang Merasa Sepi Sendiri - jujujojo.com

Breaking

cari disini

Friday, November 12, 2021

Untukmu Yang Merasa Sepi Sendiri

 

"Sendiri belum tentu kesepian.
Kesepian udah pasti sendiri, 

Walau berada di keramaian."


Pernah merasa kesepian. Hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Merasakan keadaan ini. Banyak hal yang membuat orang kesepian seperti lingkungan yang benar-benar baru, meninggal dunia dari keluarga atau dikucilakan.


Sebelum melanjutkan bacanya bedakan sendiri dan kesepian

Sendiri  itu kondiosi secara fisik. Hanya dirinya secara fisik yang sendiri, banyak orang yang nyaman dengan kesendiriannya dan bila diperlukan dia bisa dalam kondisi beramai-ramai.


kesepian itu keadaan mental dimana dirinya merasa hampa, tidak diinginkan, selalu merasa sepi walau pun dikeramaian atau diantara orang-orang terdekatnya.

 

 


 

 Mengapa orang merasa kesepian ?

 Orang-orang yang merasa sendiri dan kurang dukungan. Umumnya terjadi karena pikiran yang membuatnya merasa kosong dan tidak diinginkan merasa sepi walau dikeramaian. Dan sebab-seba lainnya diantaranya


1. Terlalu Banyak Bermain Media Sosial

 Banyak hal yang terjadi media sosial yang bisa membuat moodmu berubah-ubah. Apa lagi jika sampai kecanduan. Terlalu banyak bermain medsos membuatmu terisolasi dari keramaian. Ketika kamu lepas dari medsos perasaan sepi itu datang dan akhirnya kamu kembali ke medsos lagi.

 

2. Berkumpul dengan orang-orang yang kesepian

Walau pun tidak lagi kesepian tetapi berkumpul dengan orang-orang yang kesepian, ini bisa berimbas ke kamu. Karena kamu tertular rasa kesepian dari teman-temanmu

 

3. Kelewat introvet

Orang yang introvert memang suka sendiri. Tapi kalau kelewat introvert ini akan mengakibatkanmui kesepian. Karena kamu keseringan sendiri berhadapan dengan dirmu.


4. Banyak teman tapi tidak ada kedekatan

Banyak orang yang dikenal, banyak teman juga tapi nggak satupun kamu punya kedekatan dari orang-orang dan teman-temanmu itu. Cuma sekedar kenal atau sekedar menyapa karena tidak ada kecekatan secara emosinal untuk membangun kwalitas pertemanan.


5. Kesepian karena depresi

Beberapa penyebanya antara lain gelisah, tidak mudah fokus, mudah putus asa, merasa tidak berharga hingga mengalami gangguang tidur. 


Bagaimana mengatasi kesepian ?


1. Ubah pikiran negatif

Ubah cara pikir yang membuatmu kesepian. Jika keserpianmu berlarut-larut efek terseramnya bisa membuatmu untuk mengakhiri hidup alias bunuh diri kalau udah sampai tahap ini kamu perlu bantuan ahlinya.


2. Cari pengalaman baru

Mencari hal baru, pengalaman baru akan menghilangkan rasa sepimu seprti jalan-jalan ketempat baru misalnya keluar negeri. Disana kamu akan bertemu dan berkomunikkasi dengan orang-orang yang baru.


3.  Ubah Aktivitasmu

Jika selama ini kegiatan santaimu hanya nonton, bersosmed, atau kegiatan yang hanya berkutat pada dirimu sendiri, Sekali-kali cobalah keluar bertemu dengan teman-teman, bersosialisai dengan orang baru. Mencari club atau ikuti kegiatan sosial. memelihara hewan juga bisa jadi solusi.


4. Bersilahturahmi.

Bisa jadi kesepianmu selama ini terjadi karena kamu sibuk dengan rutintas kegiatanmu sehingga tidak sempat untuk berkunjung, bertatap muka dan ngobrol dengan teman-temanmu. Bersilahtuirahmilah agar kamu tidak merasa kesepian dan tidak renggang ikatan pertemanamu.


Oke cukup sekian semoga bisa membantu dan kalau ada yang mau ditambahin atau dikomentari silahkan isikan dikolom komentar di bawah. Terima kasih.




No comments:

Post a Comment