Penyebab Rasa Takut Masa Depan | madesu - jujujojo.com

Breaking

cari disini

Monday, November 22, 2021

Penyebab Rasa Takut Masa Depan | madesu

 

Takut bayangan ketakutan dengan mimpi

Jangan takut bayangan sebab,

hari ini adalah besok untuk kemarin,

masa kini adalah masa depan untuk masa lalu


 

Masa depan itu misteri. Walaupun misteri pergerakannya dan arusnya bisa dilihat. Diperlukan semangat  dan kerja keras untuk agar tidak tergeser dimasa depan.

 

Tidak sedikit anak muda yang takut akan masa depannya. Madesu, masa depan suram. Banyak hal yang membuat Rasa takut akan masa depan dapat diakibatkan oleh kecemasan. 

 

Dilansir dari Skrpsi Akhmad Wahyudi program studi psikologi, UII Jogjakarta 2007 Kecemasan adalah saat seseorang mengalami ketegangan, rasa tidak aman, yang timbul karena ada perasaan akan mengalami kejadian yang tidak menyenangkan (Maramis, 1980). Kecemasan paling baik digambarkan sebagai  suatu sensasi dari ketidaknyamanan yang amat sangat dari rasa takut akan sesuatu. (English & Finch, 1957). Namun Maramis (1980) menyatakan suatu perbedaan  antara kecemasan dengan ketakutan atau fear ada objek yang jelas atas apa yang  ditakuti seseorang. Kecemasan diakibatkan karena ada keragu-raguan pada diri  seseorang mengenai kejadian yang akan datang. 

 

Selain kecemasan. Kekhawatiran seseorang tentang masa depan yang tidak pasti. Walau pun bisa diprediksi tapi tetap saja bisa jadi tidak akurat atau tidak sesuai dengan harapan.


Rasa cemas dan kekhawatiran akan masa depan itu wajar saja. Ketika rasa ini menjadi berlebihan tentu akan membuat seseorang susah untuk maju menatap hari esok. Oke untuk mengetahui penyebab takut akan masa depan yuk dilanjutin bacanya.


1. Banyak yang dipikirkan tapi tidak ada yang dikerjakan

Terlalu banyak hal dalam pikiran, banyak angan-angan dan hayalan yang tinggal jadi mimpi. Bermimpi tidak ada salahnya tapi ketika kebanyakan mimpi akan sulit untuk memulainya dari mana.

 

Perlunya untuk menata dan memprioritaskan mana yang akan dikerjakan dahulu. jadikan mimpimu menjadi tantangan untuk diselesaikan.

 

Kamu bisa baca juga:

Punya Mimpi, Mau Tahu Caranya Biar Cepat Terwujud !

Rumus sukses ala djuju djojo ( lima i satu i


2. Tidak berani mengambil resiko

Sukses atau gagal itu yang akan diterima dari suatu tantangan yang diterima. Tidak semua orang berani mengambil resiko dari suatu tantangan. 

 

Sehingga tercipta banyak alasan yang intinya menolak tantangan yang diberikan.  Padahal kesempatannya belum tentu bisa datang lagi. Ada rasa sesal ketika diketahui bahwa tantangan itu bisa dilalui dan mudah dikerjakan.

 

3.  Bayangan masa lalu

Trouma masa lalu, kegagalan-kegagalan yang pernah diterima dimasu lalu dapat membuat takut akan masa depan. Masa depan akan terlihat suram. 


4. Terlalu Minder

Rasa tidak percaya diri alias minder membuat banyak hal terlewatkan. Rasa minder juga akan berdampak pada ketakutan akan masa depan.


Banyak hal yang terlewatkan ketika merasa mider. Orang yang kamu suka menunggu tapi kamu tak kunjung mendekat. Kesempatan sekolah yang lebih tinggi tapi kamu merasa tak mampu padahal belum dicoba, posisi jabatan atau jenjang karir yang disitu-situ saja dan masih banyak lagi. Apakah kamu merasa minder dan ingin berubah.anyak hal yang terlewatkan ketika merasa mider. Orang yang kamu suka menunggu tapi kamu tak kunjung mendekat. Kesempatan sekolah yang lebih tinggi tapi kamu merasa tak mampu padahal belum dicoba, posisi jabatan atau jenjang karir yang disitu-situ saja dan masih banyak lagi. Apakah kamu merasa minder dan ingin berubah.

 

kamu bisa baca juga:

Tips Anti Rendah Diri (minder) Rasa Yang Membuat Banyak Kesempatan Terlewatkan

 

 

penyebab rasa takut masa depan madesu

 

 

5. Selalu menolak kesempatan karena sudah merasa gagal duluan

Merasa kalah sebelum perang. padahal belum berperang. kKtika diberi kesempatan langusng menolak karena udah merasa gagal duluan. Ini akan membuat orang tersebut takut mengambil kesempatan karena sudah berpikir gagal.

 

Menolak sesuatu itu boleh-boleh saja, jika memang tidak bisa dilakukan, tapi jika semua ditolak tanpa melihat seperti apa kesempatannya.  Orang pun akan segan memberi kesempatan-kesempatan yang ada.


Masa depan itu memang misteri, bukan berati untuk dihidari. Dia akan tetap datang karena dia adalah putaran waktu. Rasa takut masa depan akan membuat masa depan terasa suram. Siapkan diri. Jangan malu untuk mencoba dan jangan takut ketika gagal. Resiko dari mencoba itu gagal atau sukses, yang perlu dilakukan adalah terus mencoba sampai sukses.

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment