cari disini

Random Posts

Wednesday, May 29, 2013

Tips menyelesaikan skripsi ( agar cepat pakai toga !!! )



skripsi…………… skripsi………………………… 
dan skripsi ……………………… !!!



Duka djuju. Mungkin bagi kakak-kakak yang duduk di semester satu gak bakalan ngerasain ketegangan yang di rasain oleh kakak tingkat yang duduk di semester tujuh dan seterusnya. Karena apa karena kakak tingkat di semester itu sedang dag dig dug hatinya di sebabkan mata kuliah
 “Skripsi”
Skripsi ya itu skripsi (tugas akhir), sarat yang diberikan oleh pihak kampus untuk bisa pakai toga, habis itu wisuda habis itu ngambil ijasah, terus ngelamar kerja selanjutnya ngelamar Si Dia.

Tapi gak semudah itu untuk menyelesaikan yang namanya skripsi, perlu perjuangan yang keras untuk menahlukkan yang namanya skripsi ini gak jarang perlu pengorbanan waktu, uang dan kawan2nya.
 #
 Terkadang skripsi ini menjadi monster atau kitab horor menakutkan bagi sebagian mahasiswa yang sedang menjalaninya.

Mungkin yang menjadi faktor penyebabnya adalah tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk menyelesaikanya. Mulai dari pengajuan judul, pembuatan proposal penelitian , sidang/seminar proposal penelitian, penelitian, pembahasan hasil penelitian, sidang hasil penelitian.

Belum lagi revisi/perbaikan yang spertinya gak ada ujungnya, tiap kali menghadap dosen pembimbing pasti di beri seni coret2 sang dosen sebagai oleh2 untuk diperbaiki lagi.

Dan yang paling aneh adalah ruang sidang tempat eksekusi mahasiswa yang telah mendapat acc dosen pembimbing untuk di hakimi oleh dosen penguji, ruangan ini dahulu biasa aja dan melihat eksekusi kakak tingkat juga sudah biasa, tapi sekarang untuk mendengar kata “ruang sidang” itu udah cukup membuat senam jatung apa lagi kalau melawatinya serasa bulu kuduk berdiri, entah apa yang membuat ruang sidang menjadi seangker itu, belum lagi kalau melihat eksekusi di ruang sidang wah………, ingin lari rasanya.

“Stop”


 Kalau dipikir negatif dan ketakutannya sih malah bikin skripsi itu ngalahin tugas akhirnya S2, S3 atau profesor.

“tenang2 ademkan dengan adem ayem”


Skripsi itu katanya yang udah ngerasaain memang susah2 gampang, susahnya kalau lagi gak mood jangankan dikerjakan dilirik aja nggak apa lagi mau disentuh #parah. Gampangnya kalau lagi mod, gajah nyungkur di depannya aja dia gak tau karena saking asiknya ngerjain skripsi.

Nah untuk menjaga mood ngerjain skripsi ini di perlukan tips khusus agar dapat membuat semangat dalam ngerjain si skripsi.


pertama: buat keadaan dan lingkungan senyaman mungkin

siapkan keperluan untuk memudahkan pengerjaan skripsi dari A s/d Z agar tenang , nyaman,dan rileks  dengan keadaan dan lingkungan yang nyaman dapat membuat pikiran menjadi tenang dan rileks sehingga membuat nyaman ketika mengerjakan sesuatu contonya ngerjain skripsi tadi, tapi jangan mentang2 udah nyaman dan rileks terus malah ambil bantal, guling dan selimut terus


 ZZZZZZZZZ………

Kedua : minta dukungan pada orang2 terdekat
                        

Dukungan itu perlu buat memotivasi saat semangat lagi down agar kembali lagi semangatnya. Kalau perlu diadakan chearleader untuk menyemangati

 

 Ketiga : jaga perasaan

Perasaan ini penting karena inilah yang terkadang membuat skripsi lama dikerjakan. Buat perasaan sedamai mungkin. Bilang mama, papa, adik, kakak, paman, bibi, teman atau pacar sekalipun “tolong jangan buat aku gak mood ngerjain skripsi” terutama dengan sang pacar “yang untuk beberapa waktu ini jangan buat aku bad Mood ya, agar kita cepat pakai baju adat dan duduk dipelaminan”.




Keempat : sabar


Kenapa sabar ????, ini juga sangat di perlukan ketika mengerjkan skripsi, sabarnya di mulai dari nungguin dosen, hasil kerjaan yang di coret oleh dosen dan di perbaiki lagi, belum lagi kalau dosennya cerewet.


 

Keenam : minta bantuan teman / kakak tingkat

Ketika terjadi kemacetan dalam pengerjaan skripsi bisa minta bantu teman/kakak tingkat untuk memberi solusinya sehingga dapat cepat di berikan ke dosen pembimbing lagi.

Ketujuh : berdoa

Jangan anggap remeh dengan yang satu ini, mengapa di letakan paling akhir, agar paling lama diingetnya oleh kakak sekalian. Dengan berdoa paling tidak membuat hati menjadi tenang dan dimudahkan urusannya dengan yang punya urusan.

Terakhir, mungkin secangkir coklat/kopi/the panas perlu untuk menghangatkan suasana.


Sekian dulu dan terima kasih semoga djuju juga bisa cepat ngambil mata kuliah skripsi.

7 comments:

  1. pertamax plus....wkwkwkwkwk
    ada lg ni tips ampuh....
    Bg yg pacaran "putusin dulu pacar kalian" kalo dah kelar skripsi baru sambung lg, soalnya slama proses pengerjaan skripsi biasanya bg yg punya pacar bakal keingat terus ama pacarnya,inget trus malem mingguan ujung2nya skripsi terbengkalai. Dan lg kalo kalian sibuk dngn skripsi pacarnya ngerti sih gak masalah kalo nggak? Untuk itu jomblo dulu.
    #jomblonyaritemen

    Ternyata komentar ini panjang.
    Sekian dan terima gaji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya panjang banget kak beebekkkk

      kalau di putusin hati nanti ada yang mengisi posisinya :D

      Delete
  2. maya nyimak aja sob,,,,
    coz maya g pnah ngrasain bangku kuliah,,,
    apalagi skripsi ,,,,, hehehe,,,,

    salam knal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak udah menyimak
      semoga bisa cepat ngerasa kak ya :D

      Delete
  3. hahahhaa ya ampyuuun dimana-mana aku ngrasain hawa stres mereka yang seperti berada dalam ancaman besar ..
    semangat semangat ,
    hidup sukses perlu perjuangan .
    moga cepet kelar deh skripsnya , kalo udh kelar pun blm tenang klo blm sidang ya >? haha
    ya udah deh doanya langsung sampe .
    moga cepet wisuda dan dapet pekerjaan yang dicita-citakan . amin .

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih begitu kak :D

      djuju belum mengambil mata kuliah itu kak, doa in aja biar cepat ngambil :)

      Delete
  4. huaaa..makjlebb bgtz temanya djoo..skiripsi..bisa jdi skiripsweet bsa skiripshit..

    #Kedip2Revisian..huaa

    ReplyDelete

Popular Posts