cari disini

Random Posts

Saturday, December 8, 2012

guruku di masa silam (bikin telat)

Story djuju. Bener juga kali kata pepatah ini,

“Dunia tak seluas daun kelor”

Buktinya aku bisa bertemu dengan guru sekolahku di kampung dulu waktu jaman makan bangku sekolah.

Begini ceritanya :


nasib karena ke asikan jadi telat ujungnya


Di halte bus ketika ingin pergi ngampus katanya…?


Pagi ini sepi sekali hanya ada bapak tua ya mungkin tak jauh beda umurnya dengan ayahku. Wajahnya sepertinya tak asing dalam ingatanku.

“pak anwar” aku menyapa dengan ramah

“maaf anda siapa ya” 

beliau mengingat2 sosokku tapi karena factor usia atau factor X lainnya, ia lupa padaku.

Hancur hatiku, nasib inilah jika waktu menjadi atlit debus dengan memakan bangku sekolahan dulu tidak mempunyai prestasi yang negatif atau yang positif maka tak akan jadi artis terkenal di mata sang guru.

“ ini saya pak, Juju murid bapak dahulu” aku masih memaksa guruku untuk ingat.

“ sebentar saya ingat2 dulu” beliau mencoba mengingat dengan keras dan…

“saya ingat kamu Juju yang sering telat itukan dan juga suka mengoleksi nilai merah dari saya”

Begitu mendengar kata-kata dari pak anwar seakan langit runtuh dan petir yang menyambar2, untung cuma ada aku dan pak anwar. Coba kalau ada orang banyak, cewek2, teman2 atau adik tingkatku di mana aku akan menyimpan mukaku. Seburuk itukah reputasi aku dimatanya emak bapak seakan pagi ini anakmu terzolimi. Dengan hati yang hancur berkeping2 dan entah sampai postingan keberapa kepingan hati ini dapat di satukan aku menjawab pasrah.

“iya pak itu saya”

“ tapi itu Cuma semester awal saja, tapi setelah semester berikutnya kamu jadi siswa yang berprestasi, hebat kamu bisa segera bangkit”

Coba itu yang di ucapkan dari awal pak pasti gak akan berderai hatiku, semangat aku pastinya gak berderai, telat pak, hatiku sudah pecah berkeping2, ingin rasanya aku laporkan ke KPAI (komisi perlindungan anak Indonesia) tapi sayang aku bukan anak-anak lagi. Apa kata petugasnya “mana anaknya pak”, padahal aku inilah korbannya. “Kasiha……….n.”

“ iya pak, saya beubah karena mendengar bahwa, setiap murid yang berprestasi akan mendapatkan beasiswa dari kabupaten pak”

“apa kamu dapat”

Atas nama cinta, atas nama sinta-jojo atau sinta-rama, atas nama sabar atas nama subur, atas nama emmmmmmmm……… siapa lagi ya, aku bingung. kalimat Pak anwar itu seakan meremehkanku.

“Alhamdulillah dapat setelah bersaing dengan 123 orang untuk mendaptkan 60 beasiswa”

“sukur kalau begitu, ngomong2 apakah kamu masih berkomunikasi dengan apa itu  nama gengmu jaman sekolah dulu, kampungan apa gitu”

“bukan kampungan pak, tapi Kampung Boy. Udah jarang pak terakhir kali saya dengar, Sindi pergi ke merantau keluar propinsi, sidd udah nikah, sika jadi pegawai, sidin jadi AU, tinggalah saya yang masih sibuk menghabiskan bangku kuliah”

“emang enak ya makan bangku kuliah”

“memang enak pak ada yang rasa strowbery, coklat, balado dan varian rasa yang lain, bapak mau ?”

“ada2  aja kamu Ju”

“bapak duluan yang mulai”

“ya sudah Ju, belajar yang rajin dan buat kami bangga telah menjadi gurumu”

Tidak lama kemudian teman beliau datang, akhirnya mereka pergi. Tinggalah aku yang masih sendiri. kulihat jam menunjukan jam 07.30. “ telat………………”

Gawat mana hari ini ada kuis dari pak Dokel belum lagi ini jadwal terakhir ngumpulin makalah sebagai sarat UAS. Stres bencampur bingung. Dokel sebutan untuk dosen killer di kelasku.

Nasib se nasib2nya, mungkin apes se apes2nya, gak UAS berarti E, dan E berarti itu sisir dan E itu untuk sisiran dulu baru abis itu datang lagi belajar lagi alias ngulang mata kuliah lagi tahun depan.

Ingin rasanya aku marah2 tapi dengan siapa  waktu, tempat atau apa ?. yang ada aku ingin sekali marah dan satu2nya orang yang ingin aku marahi adalah pak anwar guruku soalnya ngapain juga beliau harus ada di halte bus ini. ngapain juga aku harus ngobrol2.

Akhirnya aku putuskan pulang ke kost dengan hati gundah dan kesal yang menjadi2. Namun ketika pulang terdengar lagu Sinjo (sinjo bukan adiknya ninja hotori ya tapi duet sinta-jojo)  keong racun dan itu adalah dering sms hapeku. Lalu aku buka.

“ hari ini perkuliahan ditiadakan berhubung pak Dokel sedang melayat keluarganya yang meninggal kemarin sore, tolong sms ini di sebarkan kepada teman-teman yang lain”

Pesan dari ketua tingkatku, telat2 telat banget ni pak ketua sms. Udah telanjur aku ngomel2, dongkol pakai nyalahin pak anwar guruku lagi, maaf pak muridmu telah menyalahkanmu padahal kalau gak ada beliau pasti aku udah pergi ke kampus lalu pulang lagi.

Sukur belum berangkat, walau telat ternyata ini ada pelajaran yang bisa di petik. Sebelum pulang aku sempatkan untuk sarapan bubur ayam dan segelas wedang jahe dari ongkos bis yang tidak terpakai hari ini.

68 comments:

  1. menghabiskan bangku kuliah ?? yang rasa coklat ya
    betul itu pertanyaan pak gurunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kak, itu aku yang bilang :D

      Delete
    2. maksudku, itu bener gurunya lalu tanya
      "emang enak ya makan bangku kuliah?"

      Delete
    3. beneran kak, soalnya guruku orangnya kocak abis :)

      Delete
  2. Hoho... ada hikmah yang dapat dipetik nih ceritanya...

    jangan terlalu emosional, santai sejenak... di balik "sesuatu" yang membuatmu marah pasti ada "sesuatu" yang membuatmu tersenyum lega :)

    murid nakal nih ceritanya :D

    .wah ada hebatnya nih sobat...
    .

    btw...
    banyak bagian lucu, yang di atas rata-rata guru sobat bilang "geng kampungan apa gitu" gagaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan nakal mungkin sedikit malas kak :)

      Delete
  3. haha kasian banget :D #Piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mau dibilang apa lagi kak, un tung aja bisa ketemu pak anwar jadi bisa minta maaf hehehe..

      Delete
  4. makanya jangan suudzon dulu hihi...kasih pak Anwar jadi kambing biru hehe..peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pak anwar jadi kambing biru pastinya beliau udaqh masuk ugd kak :D

      Delete
  5. E sisir... E itu sisir.
    hihi... ya ampun, aku punya koleksi berpa yah di khs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah habis kak,
      sisirnya udah dibalikin ke dosennya lagi

      Delete
  6. wkwkwkwk...*ngakak..kacau dah

    ReplyDelete
  7. Hahahahahhhh...

    Kaciaannnkkk gurunyaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian akunya kak, gara2 sms yang telat malah nambah dosa aja :(

      Delete
  8. Murid yang penuh prestasi dan semangat tinggi, sampai mengumpulkan angka merah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak, eh ini memuji atau nyindir ya ........... ?

      Delete
  9. Nostalgia sama guru tuh menyenangkan bgt loh, mengenang kenangan yang dulu itu lucu...
    Untung aja, dosennya ga masuk. Berarti ada hikmah sehabis nostalgia sm guru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukur aja, tadi tugasnya udah di kumpulin

      Delete
  10. Nostalgia ama guru....pasti seru deh ju..

    Gue juga sering ketemu ama guru zaman sma dulu, tp yg bikin kesel...stiap ktemu yg diingat guru-guru itu adalah " gue anak yg pemalu"...gue tersinggung, karna pda kenyataannya " gue adalah anak yg malu- maluin "...
    #huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak bebek. mungkin gurunya mengenal kakak yang pemalu tapi malu2in #peace

      Delete
  11. menyapa guru dan membangun silaturahmi memang bawa berkah tersendri nak juju... :)

    ReplyDelete
  12. Biasanya murid yang bandel justru lebih mudah di ingat dan berkesan daripada murid yang biasa2 aja huehehe dan gue sebagai murid yang biasa2 aja pun merasakan kesenjangan seringkali ga di inget huuuuuh >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang di inget itu prestasi baik keren kak :D

      Delete
  13. syukurlah.. berarti ga jd telat donk.. hehe
    klo niatnya baik, insyaAllah ada berkahnya.. walopun sempet ngomel2.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, akhirnya aku bisa sarapan hehehe...

      Delete
  14. Duh, baca ini kayak kesindir gimanaaagitu.

    #sindromtukangtelat

    ReplyDelete
  15. xixixixxi kasian banget siiiihh ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasib baik kak, dari pada aku ke kampus :)

      Delete
  16. well..

    bertemu dengan guru sebenarnya menyenangkan..
    mungkin pak gurunya sudah berdoa semoga anda tidak terlambat datang ke perkuliahan.. :)

    ReplyDelete
  17. memangnya berapa lama makan bangkunya ?

    ReplyDelete
  18. haha.... jd kangen sama guru2ku

    ReplyDelete
  19. wah kocak gurunya... dia tuh sebenarnya ingat kamu Jo,. lha buktinya dia masih ingat geng kamseupay eh salah kampungan boy eh. apa namanya xaxaxa lufa.
    berarti dia guru yang daya ingatnya cetar. Eh bdw tuh guru SMA? dah berpa tahun ga ketemu masih hafal tapi main2 gak jelas. BIasanya guru kan gtu ada muridnya cuek walau kenal ataw ketemu dimaana biar yg nyamperin muridnya dlu hehhe....

    Semangat deh untuk kuliahnya smoga dosenya juga ingat kelak sama kamu jo, sekalian bikin geng baru di kampus keong jojo eh hehehe.. bukan kecong rajun? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga kak,
      kalau kuliah, udah bikin geng marga J

      Delete
  20. gurunya lucu kayanya, ngomongnya cuek banget gitu ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gitu orangnya kak, namun termasuk guru favorit

      Delete
  21. Beruntung sob jadi murid yang bandel skalian berpretasi mudah di ingat guru ...tapi gak bikin telat juga kallll!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak itu dulu waktu negara api menyerang :D

      Delete
  22. wahaaaa... nasip dikandung badan,
    salam kenal dulu ya

    ReplyDelete
  23. kunjungan perdana
    salam kenal

    ReplyDelete
  24. wkwkwk gurunya kayaknya gimana gitu yak :| wkwkwk emang bener banget kata pepatah 'Dunia tak seluas daun kelor' xD

    ReplyDelete
  25. .. widichhhhh,, udah dikatain suka bolos,, suka ngoleksi merah. ehhhh,, dibilank geng kampungan. he..86x. km yg sabar ya?!? smangaaattt,, ..

    ReplyDelete
  26. hahaha.. prestasi yang membanggakan loh :D gudjob jujuuuu ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak kak, moga cepat tamat kuliahnya

      Delete
  27. pak gurunya sakti ju... tau kalo kamu gak jadi UAS makanya diajakin ngobrol terus.... #jangan suudzon yaaa kapan2 hehehe#

    ReplyDelete
  28. wah bisa dijadiin renungan ituh :)

    dibalik apa* pasti ada hikmahnya!
    walaupun dikatain pengoleksi angka merah *eh

    tapi jojo hebat! bisa bangkit trus dapet beasiswa :D
    Te Oo Pe

    ReplyDelete
  29. haha pahlawan tanpa tanda jasa lho itu :))

    ReplyDelete
  30. bisa menjadikan renungan sob, nic share :)

    ReplyDelete
  31. Nice Info, salam kenal sobat.

    ReplyDelete
  32. kunungan perdaana sob :D
    #blogwalking

    ReplyDelete
  33. yaaahhh... kok ga jadi telat? #eh

    ituh anggota gengnya awalan S semua namanya? :D

    ReplyDelete

Popular Posts