Tips Sehatkan Dompet Sampai Gajian Lagi - jujujojo.com

Breaking

cari disini

Monday, November 1, 2021

Tips Sehatkan Dompet Sampai Gajian Lagi

 

Saatnya gajian. Itung-itung semua beres tapi akhir bulan kok tetap bocor ya ?



 

Senin, Awal hari diawal bulan november.

Gajian tinggal itungan hari, mau ngapain, mau kemana mau beli apa ya ?

banyak inginnya tapi ..........

ah sudahlah.


Akhirnya gajian. Niatnya bisa nabung, bisa beli impian waktu tanggal tua kemarin. Yang ada tagihan lagi, cicilan lagi, belanja bulanan. Semua udah dibayar tapi kok tetap aja bocor anggarannya. Padahal pembayaran wajib udah dibayar semua. Lihat teman kayaknya santai saja secara gajinya sama pengelurannya nggak jauh beda. 

 

Iya, ya. Memang secara gaji memang sama. Pengeluaran juga nggak jauh beda, coba deh cek  mungkin dia melihara tuyul atau mungkin dia......... ? 


Hu...s jangan berburuk sangka dan jangan berpikiran yang nggak-nggak, nanti hatimu sakit, terus sakit beneran lalu masuk rumah sakit. Nambah deh pengeluranmu udah anggaran bulanan bocor ditambah yang ini lagi. Alamat punya utang deh kalau gitu. Wkwkwk....

 

Pak, bu kalau anggaran belanjanya bocor jangan dicek dikeuangan oranga lain.

 Udah, udah deh ngaconya. lanjut lagi ya. OK !

jika setiap kali kamu gajian sudah dikurangi semua pengeluran bulanan dikurang kebutuhan harian  selama sebulan  masih ada aja yang bocor atau nggak tahu kemana minggatnya uang yang ada didompet. Kamu bisa buat perencanaan Keuangan bulanan agar ditanggal tua nanti nggak terjadi.

 

kamu memang makan enak. Rendang, soto, ayam goreng dll tapi dalam bentuk mie insta. Et...s ini bukan penghinaan buat mie instan ya. Mie istan memang enak tapi kalau tiap hari, tiap tanggal tua yang enak bisa jadi eneg. Ok. Setuju !


Perlunya perencanan keuangan agar kamu tahu kemana perginya uangmu. Uangmu pamit dan pergi ketempat yang benar atau salah atau kamu bahkan tahu uangmu ada yang minggat juga. Hehehehe.


Beberapa hal yang kamu bisa kamu lakukan untuk perencanan keuangan bulananmu agar tetap bisa bernapas lega, walau pun dompet megap-megap karena pemasukan nggak ada tapi pengeluran tetap.


1.  Buat Pos Pengeluaran, yang rutin bulanan dan harian.

Dengan membuat pos pengeluran memudahkan kamu untuk merincikan pengeluranmu selama sebulan. Mana yang untuk pengeluran bulanan tagihan, cicilan, sedekah, belanja bulanan dll.


2. Kurangi Jajan.

Awal bulan. gajian dan dompet lagi sehat-sehatnya. Jajan boleh aja tapi jangan keseringan ditakutkan jajanmu mengambil uangmu untuk akhir bulan. Bisa-bisa bukan hanya beresiko dengan kesehatan dompetmu, kesehatanmu juga berdampak karena itu.


3. Membuat List Ketika Berbelanja, biar nggak lapar mata.

Ini penting buatmu dan siapa saja. Kecuali kamu udah punya uang yang nggak bernomor seri lagi. Saking banyaknya, atau udah nggak bakalan mikir berapa harganya boleh, eh tapi boroskan nggak boleh. ya deh. Melist kebutuhan yang akan dibelanjakan itu penting biar nggak lapar mata, ini itu dibeli karena murah, karena diskon, karena beli satu dapat dua dan promo-promo lain yang menguras perasaan dan isi dompetmu.


4.Membawa Bekal, Selain hemat juga sehat

Membawa bekal makanan dan minuman nggak ada salahnya, memang membawa bekal sendiri dari rumah akan memakan waktumu untuk menyiapkan, apa lagi jika dari belanja sampai memasak kamu sendirinya yang menyiapkannya. kalau pun nggak sempat, sempatkankalah beberapa kali sebulan. Selain sehat dan hemat kamu juga melatih ketrampilan memasakmu. Untuk Minumannya bisa kamu buat minuman favoritmu atau minuman untuk kesahatan atau penambah energi agar lebih bugar dalam bekerja.


5. Menabung, biarpun sedikit.

Hemat pangkal kaya. Berhemat dan menabung. Berhemat dari hal-hal yang nggak perlu dikeluarkan atau pun mengumpulakan uang pecahan kecil atau pun receh dari kembalian dari belanjaanmu. Disimpan sampai banyak. Sedikit-sedikit lama-lama mennjadi bukit. 


6. Bersedekah Jangan Lupa. berbagi biar kamu bahagia dan rejekimu bertambah.

Siapa yang menabur dia yang akan menuai. siapa yang memberi dia yang akan mendapatkan balasannya, siapa yang bersedekah Allah SWT akan membalas bekali-kali lipat. Karena memang bersedekah itu membuat hatimu menjadi bahagia.


7. Jangan Berhutang, berhutang kecuali itu jalan terakhir dan sangat kepepet.

Berhutang itu seperti kamu mengambil uangmu dimasa depan yang sebenarnya digunakan untuk kepeluaan masa depan. Dengan berhutang kamu mendapat beban untuk melunasinya dengan langsung lunas atau mencicil. Karena itu kamu akan mendapatkan tambahan post baru pengeluaran bulan depannya dan dengan itu kamu akan mutar otak lagi untuk mengatur keuanganmu.


8. Menambah Pemasukan

Kalau kamu merasa semua sudah dilakukan tapi masih merasa kurang juga. Boleh menambah pemasukkan dengan cara menambah keran pemasukkanmu. mungkin dengan cara berinvestasi, mencari hobi yang sekalian juga bisa mengahasilkan atau berjualan. Tentunya yang nggak mengganggu pekerjaanmu.

 

Oke semoga ini membantu kamu dan kamu bisa mengatur keuanganmu. Selamat mencoba kalau  ada yang salah,  kurang atau belum jelas  bisa kita diskusikan dikolom komentar. Terima kasih.






-Share postingan ke sosmedmu dan jangan lupa untuk memberi komentar agar kita saling mengenal !

No comments:

Post a Comment