Ghosting, Hantu itu bernama kamu ! - jujujojo.com

Breaking

cari disini

Monday, November 15, 2021

Ghosting, Hantu itu bernama kamu !

 

"Tiba-tiba ngilang tanpa kabar, 

nggak ada angin nggak ada ujan. 

Kayak ilang ditelan bumi"

 

Ghosting satu kata yang lagi ngtrend di dunia anak muda saat ini, yang merupakan pemutusan komunikasi secara sepihak.  Yuk kenalan sama Si Pengghosting, alasannya, dampaknya, cara menghidarinya dan move on karena dighosting.


Sebenarnya apa sih Ghosting itu ?

Dikutip dari akupintar.com ghosting adalah mengakhiri sebuah hubungan secara mendadak dan memutuskan komunikasi tanpa memberikan penjelasan apapun. Istilah viral ini mengacu pada seseorang yang menghindar dan menghilang begitu saja, tak terlihat seperti hantu (ghost). 

 

Jadi yang bisa kita tangkap adalah ghosting itu merupakan suatu tindakan seseorang menghidar atau menghilang dengan cara memutuskan komunikasi mendadak secara sepihak untuk mengakhiri sebuah hubungan. 

 

 Umumnya terjadi pada kasus-kasus hubungan yang berkaintan dengan percintaan tapi tidak menutup kemuningkinan pada hubungan-hubungan yang lain. Ghosting erat kaitannya dengan sesuatu yang berkaitan dengar perasaan dan kasih sayang.

 

Teru..s mengapa orang samapi bisa nge-ghosting 

Ghoting banyak dilakukan dengan tipe orang yang suka menghindar. Ghosting dapat menimbulkan perasan tidak nyaman, bingung, ketidak jelasan lainnya lalu menimbulkan pertanyaan pada korbannya mengapa sampai di-Ghosting. Oke kalau begitu kita cari tahu mengapa orang sampai ngeghosting.


Cara yang terbaik untuk berpisah

Baginya ini adalah cara yang terbaik walau berat baginya. Agar hatinya tidak tersakiti dan perpisahan ini mudah dilakukan.


Dia tidak suka sama kamu

Udah kenalan, udah mulai dekat dan akhirnya ngilang gitu aja, tanpa kabar tanpa berita. Dia memang tidak menyukaimu, dia tidak ingin melanjukkan hubungan denganmu.


Takut Berkomitmen dalam sebuah hubungan

 

 

 

Dia bisa dipastikan suka, Jatuh cinta padamu dengan perasaan yang luar biasa. Tapi ketika ketika diminta untuk berkomitmen dia mundur. Entah mengapa dia mundur mungkin bisa jadi trauma dengan masa lalunya atau pengalaman yang pernah dirasakan.

 

Bertemu yang lebih darimu 

Dia bisa jadi sudah menjalin hubungan denganmu.Ketika melihat orang yang lebih baik darimu, dia mulai menghidarimu, lama-kelamaan menghilang darimu.


Tidak ingin menyakiti dan tidak nyaman dengan situasinya

Biasanya terjadi kalau teman jadi cinta namun ditolak karena dia mencintai teman dia tersebut. Gemana maksdunya. Dia suka sama temannya tapi temanya suka sama teman mainya dia. Sebaliknya Mantannya dia jadian sama teman mainnya. 


Terlalu sibuk hingga melewatkannya

Karena terlalu sibuk jadi melupakkan, tidak mengasih kabar, tidak sempat untuk bertemu


Apa Dampaknya bagi orang yang di-ghosting

Dampak ghosting bisa memberikan perasaan diabaikan tidak dihargai, tidak diberikan jawaban atau keputusan yang jelas.

Efek emosional karena ghosting juga dapat menghancurkan pasangan. Tidak hanya itu, pasangan bisa menjadi cemas dan merasa tidak dicintai. Bahkan bisa menyebabkan rasa sedih sekaligus merendahkan diri sendiri.

 

Biar ngga jadi korban Ghosting gemana ? 

Biar kamu nggak menjadi korban ghosting. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan. Tips untuk menggagalkan serangan dari si peng-ghosting.


Kenali gerak-geriknya

Biar nggak jadi korbanya pertama-tama lihatlah gerak-geriknya. Apa bila dia terkesan ramah diawal lalu tiba-tiba mengacuhkanmu bisa jadi orang tidak stabil dan besak kemungkinan akan hilang dikemudian hari. Sebelum medekati lihat gerak-geriknya dahulu.


Hati-hati dengan pembicaraannya

 hati-hati dengan yang apa yang dikatankanya. Kamu harus melihat kekositenan dari perkataanya, janjinya dan segala halnya. Agar kamu tidak termakan bujukan dari perkataan manisnya karena si pengghosting tidak memiliki kekonsistenan dalam segala hal. Jika kamu tidak berhati-hati siap-siap akan kehilangan dikemudian hari.


Ajakin untuk mengobrol tentang masa depan

 Biar tahu kemana hubunganmu mau dibawa kedepannya. Coba tanyakan ke dia tentang masa depannya. Kamu dimasukkan kedalam bagian cerita masa depannya atau tidak. Jika dia memasukkanmu selamat tapi kalau dia gugup, takut atau kesannya selalu menghidar dengan bahasan ini atau bahasan serius lainnya. Ada baiknya kamu tinggal dia sebelum jadi korban si pengghosting.

 

Kenali kode sinyal yang diberikan

Orang yang suka ghosting bisa dilihat dari gerak-gerik dan sikapnya yang diberikan, karena sering membuat bingung korbannya, terkadang berlaku hangat dan kadang berlaku acuh. Dia juga sering bermain dengan ponselnya dan membalas singkat pesanmu. jadi hati-hatilah.


Jangan memandangnya terlalu sempurna

Tidak ada manusai yang sempurna, tentunya sama juga dengan orang yang mencoba mendekatimu. Agar tidak terkena ghosting.  ketika seseorang mendekatimu yang akan diperlihatkan adalah sisi terbaiknya.

 

Untuk itu jangan cuma terpacing dengan sisi baiknya saja. kamu harus mengenalnya lebih baik lagi. Cobalah bertanya tentang beberapa hal pertanyaan mengenai pribadinya dalam situasi yang nyaman agar dia bisa berkata jujur.

 

Komunikasi hanya lewat chat.

Ketika kamu mengenal seseorang dalam beberapa waktu tapi tidak pernah ada renacana untuk bertemu atau bahkan hanya sekedar menelpon. Siap-siap kalau tiba-tiba dia menghilang begitu saja.

 

Jangan terlalu sibuk memikirnnya

Jangan baper, jangan terlalu memikirkannya dan jangan terlalu sibuk memikirkannya diawal-awal pendekatan. Kalau memang jodohpasti akan saling menyiapakan diri dan saling memantaskan. Gemana kalau dari awal dianya udah nggak jelas  dan ilang datang. kamu tidak maukan yang seperti ini.

 

 

Terus Bagaimana cara korban ghoting menanggulanginya.

Menjadi korban ghosting tentunya amat menyakitkan ditinggal tanpa kejelasan, tanpa alasan. Menimbulkan banyak pertanyaan apa salahnya, mengapa dia meninggalkan, apakah dia akan datang kembali atau harus berbuat apa setelah ditinggalkan. Lalu apa yang harus dilakukan stelah menjadi korban ghosting, yuk lanjutin bacanya.


Move On dong, jangan salahkan diri sendir

Ya kamu harus move on. Banyak hal yang menyebabkan kamu menyalahkan diri sendiri ketika menjadi korban ghosting. kamu beranggapan memang layak ditinggalkan karena sikap dan tingkah lakumu, Padahal tidak semua atau bahkan bukan salah kamu. Agar tidak terluka secara emosional berhentilah menuduh dan menyalahkan diri sendiri.


Sayangi dirimu

Walaupun menjadi korban ghosting bukan berarti kamu boleh meyakiti dirimu. Kamu harus tetap menyangi dirmu. Jangan jadikan obat-obatan atau minuman keras sebagai pelarian.


Berikan kejelasan

 

Berikan batas waktu

 Batasan waktu digunakan agar kamu tidak berlarut-larut dalam masalah ini.  Agar kamu bisa move on darinya. berikan waktu yang pasti berapa lama kamu menunggu.  Jika dia tidak datang kembali kamu boleh meninggalkannya.


Jangan menghubunginya lagi

Jangan menghubunginya lagi. Gemana kamu bisa move on kalau kamu masih memikirnya terus, berharap dia kembali sertamasih ingin menghubunginya. Karena hatimu  masih sakit tinggal niat untuk menghubunginya.


Jangan sendiri terlalu lama

 Ketika hati yang patah dan sakit bawaanya pasti ingin sendiri untuk menenangkan diri dahulu. Itu nggak salah sih tapi kalau berlama-lama dalam kesendirian itu membuatmu kesepian dan akhirnya bisa berakibat berharap dia kembali atau bahkan kamu jadi orang yang dingin.


Kasih saran dong buat Si Pengghosting !

 Ghosting, hantu itu bernama kamu yang ngilang-ngilang kayak hantu, yang lebih nyeremin dari hantu, yang.............................................................. (tambahin dikolom kementar ya !)

 



 


 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment