cari disini

Random Posts

Monday, October 23, 2017

Ini 5 Penyebab Kesepian Dan Tentunya Kamu Pasti Merasakannya !

Mengapa Aku Kesepian ?   

Kesepian dapatmembuatmu sedih dan menimbulkan penyakit secara fisik dan psikis via printres.com
Pernah merasa sendiri. Serasa sunyi dan tak ada yang menemani itu serasa ingin berbagi cerita namun tidak tahu siapa yang akan diajak untuk berbagi tentang kita dan tentang semua yang ingin diceritakan.

Itu bisa jadi karena kamu mengalami kesepian. Kesepian itu bisa terjadi walaupun kamu sendri tidak dalam keadaan sendiri. Banyak teman-temanmu, banyak aktifitas yang diikuti dan mungkin kamu juga aktif di sosial media untuk mencurahkan isi hati.

Kesepian itu merasa sendiri. Sendiri itu memang sendiri tapi belum tentu kesepian. Banyak kegiatan atau pekerjaan yang menuntuk kesendirian tapi orang yang menggeluti baik-baik saja.

Mengutip dari alodokter.com, Seorang ahli psikologi menyatakan bahwa kesepian diyakini berpusat kepada kualitas hubungan seseorang, yaitu bila seseorang kurang memiliki interaksi yang bermakna atau hubungan intim dengan orang-orang terdekatnya. Sebenarnya tidak ada yang aneh dengan merasa kesepian. Normal saja bila seseorang pernah mengalami rasa kesepian di suatu momen hidupnya, misalnya ketika pindah ke lingkungan yang baru, terjadi perubahan pada jaringan sosial, atau ditinggalkan orang tercinta. Namun, ada perbedaan yang mendasar antara rasa kesepian yang berlangsung hanya sementara dan kesepian yang bersifat kronis.
Kesepian yang berkepanjangan atau kronis dapat mengundang risiko kesehatan yang serius. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa perasaan kesepian dan terisolasi memiliki dampak kesehatan fisik yang setara dengan obesitas. Efek dari penolakan atau terisolasi kerap terasa nyata, senyata rasa nyeri, lapar, dan haus.
Merasa kesepian membuatmu sakit dan perlu diwaspadi. Berikut sermu.com memberikan beberapa sebab mengapa kamu kesepian.
1.  Kamu lebih nyaman jika sendiri dari pada berkumpul dengan teman-teman
Berkumpul dengan teman bukan menjadi keasikan buatmu. Kamu lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri. Ada baiknya sesekali kamu berkumpul dan membaur dengan teman-temanmu untuk mengurangi rasa kesepianmu.
2. Memilih teman yang dapat kamu percayai untuk berbagi keluh  kesahmu
Bisa jadi kamu merasa kesepian karena tidak ada orang untuk tempatmu berbagi tentang sesuatu hal. Kamu terlalu tertutup dan merasa tidak ada orang bisa dipercaya untuk berbagi curhatmu.
3. Sosial media (sosmed) menjadi temanmu dan kamu melupakan temanmu didunia nyata
Sosmed berfungsi sebagai wadah untuk saling berbagi. Menemukan teman yang hilang. Mendekatkan teman yang jauh tapi bukan berarti menjauhkan teman-teman yang dekat.  Jika kamu terlalu fokus disana, kamu melupakan teman-temanmu didunia nyata sehinngga sosmed membuatmu jauh dari teman-temanmu.
4. Kamu kurang pandai bersosialisasi dan terlalu asik sendiri
Kamu tampak senang sendiri padahal merasa kesepian. Sebagai mahluk sosial ada baiknya bersosialisasi dengan lingkunganmu. Itu memang sulit awalnya tapi lama-lama akan menjadi biasa. Ingat manusia itu tidak bisa hidup sendiri.
5.  Kesepianmu diakibatkan oleh pikiranmu sendiri
Pikiran negatif yang menjadikanmu kesepian. Merasa sendiri, merasa tidak diperhatikan dan semua pikiran yang membenarkan bahwa kamu kesepian. Berpikir positif membuatmu jauh lebih baik dan dapat menunjukanmu bahwa kamu tidak kespian, ada orang-orang dismpingmu yang siap menemanimu.

Mungkin kamu pernah merasakan kesepian karena sesuatu hal dan itu membuat kamu galau. Kesepian wajar kalau dalam porsinya kalau berlebihan akan berdapak buruk pada kesehatan dan psikologimu.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts