cari disini

Random Posts

Saturday, August 18, 2012

Air mata dodol

-->


story djuju. Asalamualaikum semoga dalam keadaan yang sehat selalu dan untuk yang sakit semoga lekas sembuh. Apa pun keadaannya semoga semangat dan keceriaan hari ini selalu membuat raut muka berseri dan bibir yang tersenyum :) 
--> bukan cemberut :( .
Ada yang tahu hari apa ini ?
teman-teman pada menjawab :
 “hari sesudah hari kamis dan sebelum hari sabtu”
hari sesudah para hantu jomblo bersedih dan hari sebelum para jomblo manusia merana
“hari dimana kaum musilimin melaksanakan sholat jum’at
“hari ini adalah hari kemerdekaan negriku di tahun ini, Selamat ya selamat semoga makin tua makin jaya di mata dunia dan semakin baik”
“hari H -1 menuju hari kemenangan di 1 syawal
Dari jawaban di atas tidak ada yang salah namun yang akan diomongin #BukanGhibah adalah hari ini adalah hari kemerdekaan menuju hari kemenangan. apa kaitan antara hari kemerdekaan menuju hari kemenangan dengan air mata dodol.
Dodol makanan ringan yang menurut pengalamanku mencicipinya selalu berasa manis. Mungkin teman2 juga pernah mencicipinya atau bahakan membuatnya.



Air mata dodol

 kenapa demikian ini terilhami ketika aku membantu ibu/umi/emak/mbok/mama/ambu/mami/mimi membuat dodol. Dengan bahan tepung ketan, santan, gula kelapa dan daun pandan terlihat sangat sederhana bukan bahan-bahannya.
Lanjut pada proses pembuatannya, sediakan nampan, wajan/kuali besar, pengaduk,  kayu bakar, bata, minyak tanah dan korek api. Membuat tungku (maklum alat memasaknya masih tradisonal/konvensional) susun bata membentuk tungku terus susun kayu bakar nyalakan kayu bakar kemudian setelah nyala letakan wajan diatas tungku lalu masukan santan, daun pandan dan gula merah aduk hingga mendidih lalu masukan tepung ketan aduk terus sampai adonan tidak melekat pada pengaduknya lalu dimasukan pada nampan sebagai cetakan tunggu hingga dingin, selesai.
Dari proses pengerjaan juga terlihat gampang namun aku menangis, berlinangan air mata dalam pengerjaannya tapi gak sesenggukan sih ini bukan karena emak yang garang atau bapak yang kejamEmak dan bapak orangnya baik gak pernah kasar.
Yang membuat aku menangis adalah asap yang terjadi dari peroses pembakaran kayu tadi membuat mata pedih dan meneteskan air mata belum lagi ketika tepung ketan yang dimasukan kedalam wajan harus terus diaduk agar tidak gosong dan adukan itu semakin lama semakin berat untuk diaduk. itulah proses pembuatan dodol mungkin bagiku yang masih amatiran selalu menangis.

apa yang dapat di petik dari pelajaran diatas dan apa hubungan antara hari kemerdekaan dan kemenangan ?

menurutku semua itu perlu proses untuk membuat/memperoleh sesuatu mungkin itu jalan yang berliku, menanjak, curam dan berbatu dengan kesabaran dan keiklasan insayallah semua akan tercapai kalau pun tidak pasti akan digantikan dengan yang lebih baik.

sama seperti kemerdekaan itu diperoleh para pahlawan dengan usaha dan proses yang tidak sebentar perlu kesabaran dan keiklasan bahkan pengorbanan untuk mencapainya untuk bangsa yang lebih baik kedepannya. begitu pula kemenangan di hari yang fitri telah banyak yang sudah dilalui sebulan diproses dan didik untuk menjadi insan yang fitri pada bulan ramahdan.

selamat hari kemerdekaan RI  ke 67  dan selamat hari raya Idul Firti 1433
Mohon maaf lahir dan batin 



22 comments:

  1. aku klo bkin rendang jga nangis jo..nangis kna asapnya juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D asik tu kak bisa masak makanan terlezat didunia tapi kalau eksekusi si daging sapi
      untuk dibuat rendang biasanya emak dan adik yang ngerjain

      Delete
  2. merdeka......gue nggak pernah mas buat dodol , bisa diajarin tu caranya siapa tau bisa jadi pengusaha dodol.....he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen sih kak beebekkkk tapi perlu tenaga yang ekstra dan mata yang tahan asap :D
      siap dengan itu ?

      Delete
  3. aku suka nangis kalo kena asap knalpot :D
    salam kenal
    terimakasih sudah berkunjung yaaa "D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klw aku jengkel kena asap kenalpot
      yang asapnya kayak mesin penyemprot nyamuk
      :D

      terima kasih kembali

      Delete
  4. hihi ga tw blum pernah ngerasain dodol eh pembuatanny mkasdnya :D


    ambil hikmahnya deh :D

    salam kenal yah. eh updtae terbaru dunk hehe.. sudah kemenangan apa yang kau rasakan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh kak annur ambil hikmahnya terima kasih
      nanti aku updet post terbaru :)

      Delete
  5. tulisannya keren..!!
    salam kenal :D
    happy bloging..

    ReplyDelete
  6. bikin dodol emg susah sih katanya,, berat gitu ya? dan sambil nangis bombay pasti nya gara2 bau kayu bakar ..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak tapi seneng bisa bantu ibu :D

      Delete
  7. susah ya bikin dodol dan lama pula... tapi bisa dipetik hikmahnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak NF ada pelajaran dari semua itu :D

      Delete
  8. aaaaa bener banget djuju-jojo.. segalanya harus melewati proses, perjuangan dan juga ikhlas :D Btw, boleh minta dodol nya ga nih? ngiler... T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah abis untuk jamuan para tamu saat lebaran :D

      Delete
  9. Postingannya juduljenik. :-D

    enak gak hasilnya?

    ReplyDelete
  10. dodol nya campur air matamu ya?hahaha :P :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau dodol dicampur air mata lama jadinya kak :D

      Delete

Popular Posts